BEI Perlu Cari Solusi Terkait Emiten Minta Keringanan Biaya Tahunan

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

ber1ta.com, JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dinilai analis perlu mencari solusi yang terbaik, dalam menyikapi permintaan beberapa emiten untuk diberi keringanan biaya listing tahunan atau annual listring fee.

Adapun jumlah emiten yang meminta keringanan sebanyak 109 emiten atau 20 persen dari jumlah keseluruhan emiten yang ada saat ini. Di antara jumlah tersebut, ada pula para emiten Grup Bakrie.

Analis Pefindo Guntur Tri Hariyanto melihat, emiten Grup Bakrie sebagian mungkin memang mengalami kesulitan keuangan karena menurunnya bisnis dan besarnya utang yang dimiliki. Atas kondisi ini, sepertinya BEI memiliki mekanisme untuk memberi keringanan dalam pembayaran dan bisa berupa cicilan.

“BEI perlu melakukan telaah secara khusus mengenai keberatannya, dan kemudian mencarikan solusi untuk tiap emiten. Tentunya BEI harus tetap menjaga agar emiten-emiten tersebut tidak secara ramai-ramai melakukan delisting karena merasa berat dengan annual fee,” ujar Guntur ketika dihubungi Tribunnews.com, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Guntur pun mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak emiten yang saat ini merasa kurang mendapat manfaat dari menjadi perusahaan terbuka. Oleh karenanya, meski memang BEI baru kali ini menaikkan listing fee, namun BEI tetap masih memiliki pekerjaan rumah yang besar yaitu meningkatkan jumlah investor, likuiditas perdagangan, dan modernisasi pasar lebih lanjut.

“Sehingga semua pihak, terlebih emiten mendapatkan manfaat maksimal atas statusnya menjadi perusahaan terbuka di BEI,” ujarnya.

BEI Perlu Cari Solusi Terkait Emiten Minta Keringanan Biaya Tahunan | Claudia | 4.5

Leave a Reply