Diakuisisi Daum Kakao, Path Sempat Ditawar Google Rp 1 Triliun

Path

Path telah resmi diakuisisi Daum Kakao asal Korea Selatan, induk perusahaan Kakao Talk. Di awal kemunculannya, Google sempat berminat melakukan akuisisi. Perusahaan besutan Dave Morin itu dilirik dengan mahar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun (setara Rp 1 triulun waktu itu).

Hadir pada November 2010, Path muncul atas kerja keras mantan karyawan Apple dan Facebook yakni Dave Morin. Baru berusia tiga pekan, Path mampu mencetak rekor angka unduhan sebanyak 15 juta kali download.

Tren positif ini terus berlangsung selama tiga bulan selepas dirilis ke publik. Berminat dengan potensi Path yang luar biasa, Google lakukan penawaran dengan mahar USD 100 juta plus kompensasi USD 25 juta yang dicicil selama empat tahun berikutnya.

Angka USD 100 juta waktu itu setara dengan Rp 1 triliun. Tawaran ini secara mengejutkan ditolak oleh Dave Morin sebab dirinya memiliki tanda tanya besar atas minat Google yang dianggap tidak wajar: pertama, Path masih sangat belia; kedua, apakah harga ini pantas untuk aplikasi belia.

Satu founder Facebook dan investor Path Dustin Moskovitz menyebut jika Morin sengaja menampik tawaran itu karena dia tidak suka dikekang dan ditekan. Sebab, ada sejumlah pihak yang meminta dirinya untuk segera mengiyakan penawaran dari Google.

Sementara angka akuisisi Daum Kakao atas kepemilikan Path baik di jejaring sosial maupun aplikasi Talk belum terungkap. Apakah angka ini setara dengan yang ditawarkan Google atau bahkan lebih tinggi dari mahar yang disodirkan lima tahun lalu.

Diakuisisi Daum Kakao, Path Sempat Ditawar Google Rp 1 Triliun | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better