Diperiksa Polri, Aher Lepas Tangan Adanya Korupsi Stadion Gedebage

ber1ta.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atau biasa disapa Aher diperiksa 15 jam oleh penyidik sebagai saksi kasus korupsi pembangunan stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 2009-2014 di Bareskrim Polri, Jakarta, Jumat (15/5/2015).

Kepada penyidik, Aher menyampaikan adalah Pemkot Bandung sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses pembangunan proyek stadion tersebut kendati dirinya selaku Gubernur Jabar memberikan persetujuan bantuan dana APBD Pemerintah Provinsi Jabar hingga Rp 355 miliar.

“Kapasitas saya sebagai gubernur, pemegang kebijakan keuangan tingkat provinsi tentu punya wewenang sesuai undang-undang untuk memberikan bantuan keuangan. Tapi, untuk secara hukum soal keuangan itu sendiri menyatakan, saat bantuan sudah jatuh ke Pemkot Bandung, maka seluruhnya baik perencanaan, tender, pelaksanaan, pendayagunaan termasuk pengawasan sudah tanggung jawab Pemkot Bandung,” kata Aher seusai pemeriksaan.

Aher datang memenuhi panggilan pemeriksaan ke Bareskrim Polri sejak pukul 06.00 WIB. Ia baru meninggalkan kantor tersebut pada pukul 21.40 WIB atau sekitar 15 menjalani pemeriksaan.

Terjadinya dugaan korupsi pembangunan Stadion Gelora BLA Bandung diketahui setelah pada 2014 Bareskrim Polri menyelidiki terjadinya penurunan kontur tanah dan bangunan tersebut antara 45 cm sampai dengan 75 cm dan berakibat hampir seluruh bangunan stadion mengalami keretakan.

Padahal, stadion Gelora BLA di Gedebage itu baru saja diresmikan.

Usut punya usut penyidik, diketahui lokasi stadion tersebut berada di bekas lahan sawah. Diduga terjadi penyimpangan dalam pembangunan proyek mulai pada tahap perencanaan, sampai dengan penerimaan hasil pekerjaan sehingga diduga terjadi kerugian keuangan negara. Penyimpangan itu di antaranya penimbunan pada lahan bekas sawah itu hanya dilakukan dengan ketebalan 5 cm dari 10 cm yang seharusnya.

Diperiksa Polri, Aher Lepas Tangan Adanya Korupsi Stadion Gedebage | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better