FAKTA ILMIAH Dibalik Adzan Shubuh yang BERBEDA

9Trendingtopic – TERNYATA ada sebuah rahasia yang dibuktikan oleh penelitian ilmiah dibalik adzan shalat subuh yang Berbeda. Ada lafadz pada Adzan Shalat Shubuh yang tidak ada pada adzan yang lainnya.
الصلوة خير من النوم
“SHALAT Itu LEBIH BAIK daripada tidur
Penjelasan Ilmiah tentang fungsi syaraf
Dalam sebuah studi kasus, didapat sebuah kesimpulan bahwa kebanyakan puncak terjadinya serangan jantung dimulai pada jam 6 pagi sampai dengan jam 12 siang. Itu terjadi karena telah terjadi ketegangan pada saraf simpatis dan menurunnya rasa tegang pada saraf parasimpatis. Istilah seperti itu digunakan oleh bangsa China dengan sebutan Yang dan Yin.
Syaraf simpatis yang tegang akan meningkat dan membuat tubuh kita merasa segar bahkan siap untuk beraktifitas, ketika tekanan darah meningkat maka denyut jantung menjadi lebih kuat dan organ tubuh lainnya juga mulai berfungsi.
Ketika saraf parasimpatis menjadi tegang dan terjadi peningkatan, maka tekanan darah akan turun, denyut jantung berkurang dan ritmenya mulai melambat. Akibatnya terjadi peningkatan aliran darah ke daerah perut, yang berfungsi untuk menggiling makanan dan aliran darah ke otak menjadi berkurang sehingga kita akan merasa mengantuk.
Penjelasan ilmian tentang darah
Pada saat pergantian waktu terutama menjelang dini hari hingga siang hari maka secara perlahan ada peningkatan adrenalin yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan dapat meningkatkan agregrasi trombosit walaupun kita sedang tertidur. Agregrasi trombosit adalah saling menempelnya sel trambosit satu dengan yang lain agar darah menjadi beku. Kondisi tersebut dapat terjadi pada siapa saja, baik orang dewasa maupun pada bayi. Maka dari itu kebanyakan bayi akan bangun pada saat menjelang subuh, karena pola tubuh bayi masih sangat baik dan dapat membaca pergerakan alam dengan baik. Ritme seperti ini disebut dengna ritme Circadian atau sama dengan ritme sehari-hari.
Pada tahun 1980 Furchgott dan Zawadsky meneliti tentang sel dinding arteri yang ada dalam pembuluh darah. Dalam penelitiannya disebutkan bahwa pembuluh darah yang masih normal atau tidak hilang akan segera melapisi dinding sel bagian dalam dan akan melebar jika ditetesi sebuah zat kimia yang disebut dengan Asetikolin. Sedangkan jika sel-sel pembuluh darah yang berada di luar tubuh dan kemudian ditetesi Asetikolin tidak melebar, itu adalah sebuah penemuan besar, yang belum pernah ada. Dengan adanya penelitian tersebut maka seluruh dunia mulai meneliti mengapa sel yang berada di dalam tubuh bereaksi terhadap zat sedangkan yang di luar tubuh tidak memberikan reaksi. Salah satu dari hasil penelitian tersebut menyebutkan adanya kandungan NO atau disebut dengan Nitrit Oksida. Hasil penelitian tersebut berhasil ditemukan oleh Ignarro dengan Murad. Dengan demikian maka Furchgott, Ignarro, dan Murad berhasil mendapat NOBEL pada tahun 1998.
Pada kenyataanya zat NO tersebut selalu diproduksi, baik dalam keadaan istirahat tidur atau pada saat sedang beraktifitas. Produksi zat tersebut dapat meningkat karena obat Nifedipin, nitrat dll, akan tetapi produksi zat tersebut juga dapat meningkat dengan cara bergerak atau berolahraga. Efek lain yang diberikan Nitrik oksida adalah dapat mencegah pembekuan darah, atau dapat mengurangi agregrasi dalam sel trombosit. Maka dari itu ketika kita bangun pada saat subuh dan melakukan beberapa aktifitas ringan seperti jalan ke mesjid dan melakukan sholat subuh maka itu akan memberikan pengaruh yang sangat baik untuk tubuh, terutama pada jantung. Ketika kadar NO yang ada dalam darah naik karena aktifitas yang kita lakukan, seperti wudhu, shalat bahkan disertai dengan jalan kaki ke masjid ,maka secara tidak langsung itu akan mencegah terjadinya penyakit jantung.
Posisi Ruku’
Misteri dan rahasia adzan shalat subuh berikutnya adalah tentang berbagai macam posisi ketika kita melakukan sholat dan salah satunya adalah ruku dan juga sujud. Apakah kita tahu, bahwa ketika kita mengerjakan posisi ini maka dapat meningkatkan tonus parasimpatis.
Ketika kita berolahraga maka tubuh akan membuat NO yang berfungsi untuk melawan zat adrenalin yang meningkat, dan itu akan berakibat pada menyempitkan pembuluh darah dan akan membuat sel trombosit darah menjadi kacau bahkan saling menempel.
Petunjuk Shalat subuh
Shalat subuh sudah diperkenalkan sejak lama, terutama pada zaman nabi. Hanya saja masih banyak yang belum mengerti manfaat ketika kita menjalankan shalat Subuh seperti ini. Memang belum banyak yang meneliti secara dalam manfaat ketika kita shalat subuh dan manfaat kenapa kita harus bangun pagi. Dengan adanya hasil penelitian ini maka diharapkan bahwa mulai saat ini, ketika waktu Subuh tiba, maka kita akan bangun dan melakukan ibadah sholat. Setelah itu melakukan beberapa aktifitas yang lain. Namun jika kita merasa malas maka tubuh tidak akan mendapatkan manfaat yang lebih. 
Itulah sedikit penjelasan tentang FAKTA ILMIAH Dibalik Adzan Shubuh yang BERBEDA, semoga bermanfaat bagi kita semua….
Sumber : viva.co.id
FAKTA ILMIAH Dibalik Adzan Shubuh yang BERBEDA | Claudia | 4.5

Leave a Reply