Fimosis dan Parafimosis adalah Kelainan pada Titit Anak Laki-Laki yang Perlu Diatasi

titit

Orang tua sebaiknya memperhatikan kesehatan anak laki-lakinya sampai pada organ intimnya. Anak laki-laki berpotensi memiliki kelainan baik pada kepala penis sampai testisnya. Kelainan di kulit kelamin adalah hal yang kerap menyerang mereka. Dua kelainan kulit di kelamin yang biasa terjadi pada anak laki-laki adalah fimosis dan para fimosis.

Dikutip dari laman Detik Health, fimosis dan parafimosis menunjukkan kondisi ujung penis yang kelihatan menggelembung. Penyebabnya adalah terjadi penyempitan di ujung kulup penis. Ujung ini berguna dalam menutupi glans penis dan bisa ditarik. Anak yang mengalami kelainan ini sangat dimungkinkan lebih mudah terserang penyakit infeksi saluran kencing.

Fimosis menyebabkan kulup tidak dapat ditarik ke arah belakang batang penis. Parafimosis membuat kulup yang ditarik ke belakang batang penis, tidak bisa kembali lagi ke darah depan. Parafimosis ini yang kadang membuat seorang anak terkena mitor “telah disunat oleh jin”.

“Akibat dari kulup yang hampir menutupi lubang kencing dan menyempit di bagian ujung, penderita fimosis akan lebih rentan terkena infeksi pada saluran kemihnya,” kata dr Arry Rodjani, SpU (K).

Efek samping dari masalah fimosis ini yaitu penis tampak bengkak, muncul perbedaan warna, hingga anak mengalami kesakitan akibat nyeri. Anak yang yang terkena kelainan ini biasanya ditangani dengan sirkumsisi plastic (frenuloplasti) atau radikal, jika tidak ada komplikasi. Jika sudah terjadi kompliksi maka dilakukan sirkumsisi atau khitan tanpa mempertimbangkan usia.

Kedua bentuk fimosis harus segera ditangani. Pasalnya sangat dimungkinkan nantinya dapat terjadi kematian pada jaringan ujung penis. Jika sudah begitu akan emmicu infeksi. Parafimosis bisa dialami oleh anak laki-laki hingga pria dewasa yang belum khitan.

Fimosis dan Parafimosis adalah Kelainan pada Titit Anak Laki-Laki yang Perlu Diatasi | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better