Gedung Jefferson, Saksi Bisu Era PKI

ber1ta.com, YOGYAKARTA – Gedung Jefferson Yogyakarta merupakan salah satu gedung bersejarah terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI). Gedung yang berada di seberang Pasar Kranggan Jalan Diponegoro atau tepatnya di Dusun Penumping RT 12, RW 03, Kelurahan Gowongan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta ini dahulu merupakan milik alm H Bilal.

Gedung Jefferson ini sempat menjadi tempat tahanan bagi PKI pada masa revolusi. Pernah juga digunakan untuk perpustakaan, markas TNI dan markas polisi. Penunggu gedung Jefferson yang juga penjual angkringan, Wasiyem, menjelaskan bahwa gedung ini sudah sekitar sembila tahun digunakan untuk agen koran.

“Gedung ini dari dulu sudah beberapa kali berganti fungsi dan pemiliknya. Hingga terakhir kali dibeli oleh alm Wonohito, saya sendiri juga tidak tahu persis dahulu gedung ini untuk apa saja,” ujarnya saat memberikan keterangan.

Kondisi gedung itu saat ini terlihat sepi dan tertutup. Warna catnya sudah memudar atau kusam, hanya saja di belakang gedung ini digunakan agen salah satu media cetak untuk bertransaksi. (Cahyo Nugroho)

Gedung Jefferson, Saksi Bisu Era PKI | Claudia | 4.5

Leave a Reply