Gula Musuh Terbesar bagi Gigi

ber1ta.com, JAKARTA – Makanan mengandung gula memang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Tetapi, konsumsi gula harus dibatasi karena berpengaruh negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan gigi.

Gula merupakan musuh terbesar bagi gigi. Zat gula di dalam rongga mulut akan menjadi “makanan” bagi bakteri dan diubah menjadi asam. Asam inilah yang dapat merusak lapisan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Penelitian juga menemukan bahwa lubang pada gigi akan terus melebar jika kita banyak mengasup makanan manis atau menambahkan gula pada makanan.

“Karena itu rekomendasi WHO yang terbaru menyarankan untuk membatasi asupan gula kurang dari 5 persen dari total kalori harian, atau setara dengan 25 gram gula atau 6 sendok teh,” kata drg Ratu Mirah Afifah, Head of Professional Relationship Oral Care PT Unilever Indonesia.

Sebelumnya, pada tahun 2012 WHO merekomendasikan untuk menurunkan asupan gula kurang dari 10 persen dari asupan total harian. Tetapi kemudian aturan tersebut direvisi lagi.

“Jika kita mengurangi gula kurang dari 5 persen dari total kalori harian, manfaatnya adalah menurunkan risiko gigi berlubang seumur hidup,” imbuh Mirah.

Asupan gula bisa berupa sukrosa, glukosa, atau fruktosa. Ini berarti bukan hanya permen yang lengket saja yang bisa merusak gigi, tapi juga minuman bersoda, minuman energi (sport drink) madu, jus buah, dan sebagainya.

Gula Musuh Terbesar bagi Gigi | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better