Ini Gangguan Kulit Yang Bisa Dialami Oleh Pemilik Tato

penyakit akibat tato

Tato atau seni rajah kulit kini makin meluas penggunanya. Tak hanya kalangan pria, bahkan wanita juga ramai mengaplikasikan gambar berbagai macam objek di permukaan kulit mereka. Namun ternyata ada risiko kesehatan yang dapat terjadi dengan adanya tato yang menghias kulit tersebut.

Dari hasil penelitian, minimal 1 orang dari 10 pemilik tato akan mengalami masalah gangguan kulit. Mereka umumnya menderita infeksi, gatal-gatal, bengkak dan merah, juga masalah lain.

Penelitian yang hasilnya dipublikasi dalam jurnal Contact Dermatitis itu juga mengisahkan adanya komplikasi bertahun-tahun yang dialami oleh pemilik tato.

Penulis hasil penelitian tersebut, dokter kulit Marie Leger, juga mengutarakan bahwa dirinya bukan orang yang anti keindahan tato, namun ia menjabarkan bahwa dalam setiap goresan tato akan ada risiko yang dialami.

Dilansir oleh Live Science Selasa (2/6), Leger yang juga berasal dari New York University Langone Medical Center di New York menyatakan demikian karena banyaknya pasien yang datang padanya terkait tato mereka.

Dokter kulit ini pun mengajak rekan peneliti lainnya melakukan studi, dan melibatkan 300 orang bertato yang berada di Central Park New York. Metode yang digunakan adalah wawancara dan kuisoner.

Hasilnya, 10 persen mengaku pernah mengalami komplikasi ringan kulit di tato mereka. Sebagian kecil mengalami komplikasi hingga tahunan, dan harus mencari solusi di dokter.

Pemicunya diduga adalah kandungan karbon yang ada di tinta warna hitam, dan nitrogen dalam tinta merah.

Ini Gangguan Kulit Yang Bisa Dialami Oleh Pemilik Tato | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better