Ini Penyebab Berat Badan Naik Lagi Usai Program Diet

diet

Kadang orang yang melakukan diet untuk penurunan berat badan mengalami peningkatan bobot tubuh kembali. Seakan program yang telah dilakukan tidak membuahkan keberhasilan. Sebelum berpikiran seperti itu ada baiknya melihat dahulu berbagai hal yang bisa memicu kenaikan berat badan. Bisa jadi, hal-hal yang Anda lakukan sehari-hari justru menjadi penghalang keberhasilan program diet.

Dikutip dari laman Genius Beauty, berikut berbagai hal yang dapat menaikkan berat badan sat melakukan diet:

Penurunan metabolisme. Saat Anda berolahraga, metabolisme tubuh berlangsung lebih cepat untuk membakar kalori. Ditambah dengan melakukan program diet, tingkat kebutuhan kalori ikut turun. Namun saat sudah kembali seperti biasa, tubuh akan kembali melakukan metabolisme untuk menghasilkan kalori sesuai yang dibutuhkan tubuh dan mungkin berat badan naik kembali.

Kurang tidur. Kurang tidur akan menaikkan kadar hormone ghrelin yang memicu kenaikan nafsu makan dan menekan produksi hormon leptin yang berguna menurunkan keinginan makan. Akhirnya tubuh pun melar kembali akibat banyak makan.

Tidak ada rencana untuk mengendalikan berat badan. Seringkali orang yang telah berhasil menurunkan berat badan di level tertenu merasa senang berlebihan dan menganggap remeh saat makan. Mereka yang awalnya hanya mengambil porsi makan sedikit, lalu mendadak berlebihan kembali porsinya. Otomatis berat badan kembali naik.

Olahraga yang monoton. Olahraga yang tidak tepat saat diet dapat menurunkan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh dan otot. Jika olahraga tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh maka secara alami tubuh harus mempertahankan posisi idealnya sehingga berat badan akan kembali ke semula.

Menerapkan kebiasaan tidak sehat. Misalnya kembali mengonsumsi soda, junkfood, merokok, dan sebagainya bisa mengembalikan lagi berat badan seperti semula. Ditambah dengan kebiasaan kurang gerak dapat meningkatkan bobot tubuh secara cepat.

Ini Penyebab Berat Badan Naik Lagi Usai Program Diet | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better