Inilah 10 Karyawan Pertama FB

kantor facebook

FB memiliki 10 karyawan pertama pada sebelas tahun lalu saat merintis sebagai startup. Kini jadi satu perusahaan melegenda, jadi satu pertanyaan menarik kemana 10 karyawan Facebook tersebut. apakah masih mengabdi di FB atau merintis karier lain. Ini ke-10 karyawan pertama Facebook.

1. Adam D’Angelo (CTO, November 2006 – Juni 2008)

Secara teknis, ia bukan masuk 10 karyawan FB pertama. Dia adalah teman Mark Zuckerberg saat SMA dan telah bekerja di FB sebelum namanya masuk dalam daftar gaji. Kini ia berkiprah di Quora sebagai Co-founder dan CEO.

2. Mark Zuckerberg (CEO, Februari 2004 – sekarang)

Tentu sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Februari 2004 – sekarang meski memiliki posisi paling tinggi di perusahaan, namun ia memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya.

3. Dustin Moskovitz (CO-founder, Februari 2004 – November 2009)

Adalah rekan satu asrama Zuckerberg dan disebut programmer hebat pada massanya. Kini Moskovitz mendirikan startup bernama Asana pada tahun 2008 dan dirinya tercatat sebagai investor di sejumlah perusahaan rintisan salah duanya Path dan Flipboard.

4. Andrew McCollum (Engineer, Co-founder, Februari 2004 – September 2006)

Penasaran dengan siapa perancang logo FB? Sosok tersebut adalah Andrew McCollum. Kini ia bergabung dengan Flybridge Capital Partners dan banyak berinvestasi di perusahaan startup.

5. Chris Hughes (Co-founder, Februari 2004)

Sosok ini meski dikenal sebagai pendiri pendamping namun ia berperan besar dalam menyebarkan Facebook ke penjuru dunia. Hughes adalah juru bicara FB di awal-awal berdiri. Patut diketahui jika Hughes adalah satu-satunya teman di lingkaran Zuckerberg yang buta akan coding. Namun dia tahu bagaimana strategi pemasaran yang tepat. Kini Hughes menjabat sebagai Executive Chairman publikasi majalah The New Republic.

6. Eduardo Saverin (Co-founder dan CFO, February 2004)

Lahir di Brazil, sempat jadi warga negara Amerika Serikat, kini Saverin jadi warga negara Singapura. Ia pernah menggugat Zuckerberg dan dua pendiri FB lainnya. Dirinya adalah CFO pertama FB yang kini sibuk berinvestasi di sejumlah startup seperti Qwiki dan Jumo.

7. Taner Halicioglu (Senior Software/Operations Engineer, Oktober 2004 – November 2009)

Kini sosok satu ini menjadi Lead Reliability Engineer of Battle.net di Blizzard Entertainment dan dosen di UC San Diego di jurusan Computer Science and Engineering. Ia adalah salah satu insinyur pertama FB.

8. Sean Parker (President, June 2004 – January 2006)

Jika bukan karena Sean Parker, Facebook mungkin akan bernama The Facebook dan beralamat di Thefacebook.com. Parker menyarankan agar Zuckerberg membuang “the” dan memilih “Facebook” saja. Namun bukan hanya itu sumbangsih Parker ke FB. Parker adalah mantan karyawan Napster dan sekarang banyak terlibat di startup Airtime serta managing partner dari Founder’s Fund.

9. James Pereira (Engineer, July 2004 – August 2007)

Hengkang dari FB selang tiga tahun mengabdi, Pereira yang kini tinggal di Portland tidak jelas apa pekerjaannya sekarang.

10. Steve Chen (Senior Software Engineer, 2005)

Dia meninggalkan FB setelah beberapa bulan mengembangkan situs Youtube. Ya, dia adalah Founder situs Youtube yang kemudian dijual ke Google senilai USD 1 miliar. Tahun 2014 ia bergabung ke Google Ventures sebagai pengusaha.

Inilah 10 Karyawan Pertama FB | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better