Inilah Fakta Unik Uang di Zimbabwe

Apa yang akan kamu lakukan bila memiliki uang sebanyak 100 triliun? Pasti kamu akan membeli rumah besar, mobil mewah, liburan keliling dunia serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Dengan uang sebanyak itu, mungkin harta kamu tidak akan habis sampai 7 turunan. Tetapi di negara Zimbabwe yang terletak di Benua Afrika uang sebanyak 100 triliun tidak ada artinya. Bagaimana tidak, uang sebanyak itu hanya cukup untuk membayar ongkos bus saja.

Rusaknya mata uang Zimbabwe dikarenakan adanya inflasi terparah sejak tahun 2009. Pada tahun itu nilai tukar 1 USD Amerika sama dengan 35 kuardilium (35.000.000.000.000.000) dollar Zimbabwe. Karena rendahnya nilai tukar uang Zimbabwe, pemerintah setempat mengambil kebijakan untuk menghapuskan mata uang ini dan melakukan redenominasi. Pemerintah Zimbabwe memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menukarkan uang yang dimiliki ke bank terdekat.

 

Uang Seratus Miliar Dollar Zimbawe

REUTERS/Philimon Bulawayo

Nilai mata uang Zimbabwe menjadi tidak berharga semenjak krisis. Bahkan nilai tukar mata uang Zimbabwe menjadi terburuk di dunia. Nilai mata uang dolar Zimbabwe mulai hancur berantakan pada tahun 2009 silam karena hiperinflasi tersebut. Hal inilah yang membuat pihak bank di Zimbabwe menerbitkan uang dengan nominal yang besar.

Uang 50 Miliar Dollar Zimbawe

REUTERS/Philimon Bulawayo

Seorang pria memegang gambar uang seratus dan lima puluh triliun dolar Zimbabwe untuk berbelanja di toko di Harare, Zimbabwe. Masyarakat diminta untuk menukarkan uangnya di bank. Sementara untuk masyarakat yang masih menyimpan dolar Zimbabwe kuno dapat langsung menukarkannya di bank manapun di mana setiap 250 ribu triliun dolar Zimbabwe akan dihargai dengan $ 1.

Uang Cetakan Baru di Zimbawe

REUTERS/Philimon Bulawayo

Melambungnya harga barang di Zimbabwe serta tingginya inflasi membuat pemerintah setempat mengeluarkan mata uang baru dengan nilai yang sangat besar. Uang 500 juta dicetak hanya pada selembar uang, banyakan bila uang itu dalam bentuk rupiah, pasti kamu akan kesusahan untuk membawa uang tersebut.

Uang Dollar di Zimbawe

REUTERS/Philimon Bulawayo

Uang triliunan dolar Zimbabwe sangat tidak berharga di sana. Buktinya, uang 100 miliar dolar Zimbabwe hanya cukup untuk memberi tiga butir telur ayam. Mata uang Zimbabwe menjadi tidak bernilai karena bank sentral Zimbabwe terus mencetak uang untuk menutupi defisit anggaran yang mendalam.

Uang 200 Ribu Dollar Zimbabwe

REUTERS/Howard Burditt

Di Zimbabwe uang 200 ribu dollar hanya cukup untuk membeli satu camilan saja. Bayangkan bila kamu ingin membeli mobil, kira-kira berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk membayarnya? Yang pasti kamu membutuhkan kendaraan untuk mengangkut uang tersebut. Pada tahun 2008 tersebut banyak orang yang menjadi Billionaire, tetapi sayang mereka tidak bisa membeli makanan.

Uang di Jadikan Souvenir

REUTERS/Howard Burditt

Akibat dari krisis ekonomi banyak masyarakat Zimbabwe menjadikan uang mereka sebagai souvenir. Souvenir tersebut di jual kepada turis asing yang sedang berkunjung ke negara tersebut. Semoga negara kita tidak mengalami hal serupa ya.

Inilah Fakta Unik Uang di Zimbabwe | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better