Jembatan Penuh Gembok Cinta di Paris Akhirnya Harus Dibuang

jembatan cinta 1

Sebuah jembatan bernama Pont des Arts di kota Paris yang romantis, selalu jadi tujuan pasangan yang sedang dilanda asmara. Tradisinya, mereka akan memasang gembok yang bertuliskan nama diri dan pasangan, kemudian mengaitkan dan menguncinya di sisi pagar jembatan di wilayah Seine. Mereka berharap cintanya juga akan terpaut selamanya, selama gembok itu belum terbuka.

Begitu populernya jembatan cinta tersebut, sampai-sampai seluruh pagar sisi jembatan penuh dengan gembok berbagai macam jenis. Mulai dari ukuran kecil sampai besar, berjajar hingga menyesaki sisi kanan dan kiri jembatan yang ada dalam satu novel populer berjudul I Want You (2006) itu.

Jembatan Cinta

Masalahnya, berat yang makin bertambah akibat ribuan, atau mungkin jutaan gembok yang terkunci di sisi pagar jembatan tersebut membahayakan keselamatan jembatan. Risiko ambruk selalu membayangi, apalagi makin hari makin banyak wisatawan yang datang dengan gembok mereka masing-masing.

Paris pun akhirnya harus memotong sisi pagar jembatan penuh gembok tersebut pada Senin (1/6) lalu. Entah berapa juta gembok yang dibuang, dan berapa pasangan yang sedih dengan kondisi ini.

“Tindakan itu adalah bencana. Kami harus melestarikan warisan budaya,” jelas juru bicara pemerintah Paris, Barbara Atlan dilansir oleh laman The Wall Street Journal.

Atlan menjelaskan bahwa ada 112 pagar yang berjajar di sepanjang jembatan, semua penuh gembok. Itu melebihi kapasitas maksimal yang mampu ditampung oleh jembatan, dan berbahaya bagi pelintas.

Apalagi lalu lintas kapal dan feri yang lewat di bawah jembatan cukup padat, dan kemungkinan mereka bisa kejatuhan gembok dari atas.

Pemerintah Paris pun kini memutuskan mengganti sisi panel jembatan cinta dengan kaca, sehingga turis tak bisa lagi mengaitkan gembok mereka di sana.

Jembatan Penuh Gembok Cinta di Paris Akhirnya Harus Dibuang | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better