JK: Pekan Depan Harga Beras Sudah Kembali Normal

ber1ta.com, JAKARTA – Pekan depan harga beras diharapkan sudah kembali normal kata Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atau yang akrab dipanggil JK. Namun ia belum bisa memastikan hingga berapa rupiah harga beras akan turun, setelah belakangan harga beras naik akibat kelangkaan pasokan di pasar.

Kepada wartawan di kantor Wakil Presiden RI, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (25/2/2015), JK mengingatkan harga beras tidak boleh turun terlalu rendah, karena hal itu justru akan mematikan petani. Namun harga beras harus terjangkau oleh daya beli masyarakat.

“Kita nggak akan turunkan seperti pikiran konsumen yang mau serendah-rendahnya. Petani mau hidup dari mana kalau harga berasnya rendah,” katanya.

Di gudang Bulog kata Wapres masih tersedia sekitar 1,3 juta ton beras, dan jumlah tersebut lebih dari cukup untuk menanggulangi kelangkaan pasokan untuk jangka pendek. Kedepannya cadangan Bulog akan bertambah, menyusul datangnya musim panen yang dimulai awal bulan depan.

Dari cadangan 1,3 juta ton beras itu, hari ini pemerintah mengucurkan sekitar 300 ribu ton beras. Kata JK diharapkan dapat membuat pasokan di pasar tercukupi, dan membuat harga normal.

“Masalahnya kan suplai. Presiden sendiri tadi pagi sudah meninjau Bulog, beliau mau mempercepat suplai, cadangan kita keluarkan. Tenang saja,” kata JK.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Menteri Kordinator Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan kelangkaan beras di pasar diakibatkan dari tidak meratanya pendistribusian Beras Miskin (Raskin). Permasalahan itu sudah berlangsung sejak November 2014 lalu, dan menyebabkan dari sekitar 500 ribu ton beras yang didistribusikan, hanya sekitar 140 ribu ton yang tepat sasaran.

“Jadi masyarakat yang tadiya seharusnya mendapat raskin, mereka membeli beras kelas menengah, dan menyebabkan pasokan berkurang. Pasar melihat hal itu,” tandasnya.

Ketidakmerataan pembagian raskin tersebut diduga bukan karena praktik mafia. Ia menduga kepala daerah yang bertanggungjawab mendistribusikan beras, telah mendistribusikan beras ke seluruh warganya, bahkan kepada keluarga yang mampu.

“Jadi dibagi rata semua. Sekarang sedang kita benahi,” katanya.

JK: Pekan Depan Harga Beras Sudah Kembali Normal | Claudia | 4.5

Leave a Reply