Koleksi Mobil Mewah Milik Sultan Brunei

Koleksi Mobil Mewah Milik Sultan Brunei

google.com

Siapa yang tidak kenal Sultan Hassanal Bolkiah? Sultan Brunei yang menjadi salah satu orang terkaya ini adalah seorang kolektor mobil mewah dengan jumlah koleksi mobil terbanyak di dunia. Tidak tanggung-tanggung koleksi mobilnya kini mencapai 7000 unit.

Bahkan jika ingin melihat semua koleksi kendaraannya, kamu harus berjalan menempuh jarak 1.5 KM agar sampai dari ujung satu ke ujung lainnya. Tidak sampai di situ, pemilik kerajaan yang luasnya cuma “secuil” di pinggir Pulau Kalimantan juga memiliki Rolls Royce paling mahal seantero dunia. Mobil buatan Inggris itu yang dibeli dengan harga US$14 juta atau sekitar Rp131 miliar.

Nilai yang terlihat biasa saja bagi orang nomor satu di negera yang kaya minyak dengan penduduk 330 ribu. Setiap koleksi juga disesuaikan dengan kebutuhan Sultan. Berikut adalah beberapa koleksi mobil mewah yang di miliki oleh Sultan Hassanal Bolkiah. Brunei Darussalam.

 

racingengineering.tumblr.com

racingengineering.tumblr.com

Terkadang jika Sultan bosan dengan mobil klasik dan membutuhkan tunggangan kendaraan dengan kecepatan tinggi, tentunya ia lebih menggunakan Mercedes-Benz CLK GTR. Mobil ini biasa beliau pake ketika menghadiri acara-acara resmi namun tetap santai.

pandawait.wordpress.com

pandawait.wordpress.com

Sultan juga pecinta mobil balap, bahkan memiliki museum pribadi yang mengoleksi mobil Formula One dan mobil ini pernah menjuarai ajang kompetisi F1 sejak tahun 1980.  Sultan membelinya langsung dari tim-tim juara, seperti FW19 yang dikendarai Velleneuve saat bertabrakan dengan Michael Schumacher pada tahun 1977.

andrews.edu

andrews.edu

danwarman.com

danwarman.com

Sultan Bolkiah juga menyukai mobil-mobil sport, salah satunya adalah Porsche Carrera GT. Mobil yang biasa beliau tunggangi ketika ingin bersantai dalam menikmati liburan.

allabouttt.com

allabouttt.com

Lamborghini Diablo atau dalam basaha Spanyol Diablo yang berarti “setan” adalah mobil sport dengan mesin berkecepatan tinggi, mobil terobosan Italia yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1990 dan 2001. Dan di era itu pula Sultan Bolkiah adalah salah satu orang pertama yang membeli mobil dengan kecepatan mencapai lebih dari 200 mil per jam (320 km/h). Setelah akhir produksi menjalankan pada tahun 2001, Diablo digantikan oleh Lamborghini Murciélago.

thewowstyle.com

thewowstyle.com

Bugatti Veyron 16.4 juga dikenal sebagai EB 16/4 Veyron. Adalah mobil terkuat di dunia pada 2005. Mobil ini dibuat oleh anak perusahaan Volkswagen AG, Bugatti Automobiles SAS di pabriknya di Molsheim, Perancis. Pada saat awal mula peluncuran mobil ini, tak tanggung-tanggung Sultan Bolkiah langsung mengeluarkan cash sebesar 4 Miliar hanya untuk mendapatkan mobil tercepat di masanya itu. Jika kamu tahu, nama mobil ini diambil dari nama seorang pembalap asal Perancis, Pierre Veyron yang berhasil memenangkan 24 Hours of Le Mans pada 1939, sebagai pembalap yang mewakili perusahaan Bugatti.

supercars.net

supercars.net

Sultan Bolkiah juga pernah memiliki Ferari Sabarro, sebuah mobil sport yang dibuat dengan replika kinerja tinggi Swiss kecil dan perusahaan mobil sport yang didirikan langsung oleh Franco Sabarro pada tahun 1971. Hingga saat ini mobil tersebut di museumkan bersama beberapa koleksi mobil klasik lainnya.

integrity-auto.com

integrity-auto.com

Jaguar Cars adalah sebuah produsen mobil yang berasal dari Britania. Didirikan pada 1922 sebagai Swallow Sidecar Company oleh William Lyons, perusahaan ini dinamakan Jaguar Cars setelah PDII karena konotasi jelek dari inisial SS. Mobil ini dikenal sebagai mobil saloon / mewah dan sport. Sehingga tak aneh bila Sultan Bolkiah pun ikut memilikinya.

geecar.com

geecar.com

Sultan Bolkiah adalah satu dari beberapa orang yang terkaya di dunia yang memiliki kendaraan Enam Dauer 962 Le Mans. Yaitu sebuah mobil sport yang dikhususkan Porsche untuk mobil-mobil balap.

highrollerlondon.com

highrollerlondon.com

Koleksi pertama Sultan Brunei yang cukup membuat semua orang kagum adalah Rolls Royce, sebuah mobil termahal yang berlapis dengan emas 24 karat. Dan itu biasa beliau tumpangi pada saat pesta pernikahan. Mobil layaknya perhiasan berjalan ini telah mengalami perubahan modifikasi sehingga terlihat seperti kereta kencana Sang Raja.

Koleksi Mobil Mewah Milik Sultan Brunei | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better