Konon Di Balik Berdirinya Jembatan Teufelsbrucke, Ada Campur Tangan Iblis

teufelsbrucke1

Jembatan Teufelsbrucke atau jembatan iblis dipercaya masyarakat Uri di Swiss dulunya mendapat campur tangan dari iblis dalam pembangunannya. Alkisah masyarakat Desa Goschenen tidak bisa ke mana-mana lantaran akses ke tempat lain terhalang bebatuan Scholennen George yang posisinya mengelilingi desa. Akhirnya masyarakat memutukan membuat jembatan penghubung.

Namun hal itu tidak mudah. Masyarakat kesulitan menghubungkan jembatan melewati bebatuan. Lalu, kepala desa membuat kesepakatan bersama iblis agar dibantu pembuatan jembatan tersebut. Sang iblis bersedia, namun memberikan sebuah permintaan. Persyaratannya adalah harus diberikan tumbal nyawa dari orang yang pertama kali melewati jembatan itu.

Akhirnya jembatan pun jadi dalam tiga hari. Setelah itu iblis meminta tumbalnya dengan berdiri di sisi jembatan yang berlainan. Namun masyarakat tidak ada yang memberikan salah seorang dari mereka. Sebagai ganti tumbal, dikirimkanlah seekor kambing. Inilah yang akhirnya membuat iblis marah besar.

Di tengah emosi memuncak, iblis berencana mengobrak-abrik jembatan itu memakai batu besar. Namun niatannya itu gagal lantaran ada seorang wanita tua yagng menggambar tanda salib pada bartu itu. Walhasil batu itu pun meleset dan tidak kena jembatan. Akhirnya, berbekal kisah rakyat ini, jembatan tersebut dikenal dengan Jembatan Iblis atau Teufelsbrucke.

Sebenarnya cerita ini hanyalah mitos. Pasalnya Teufelsbrucke dibangun dengan kayu pada tahun 1230. Setelah bahan kayu dinilai tidak aman, baru kemudian diganti dari bahan utama berupa batu. Jembatan ini sempat hancur di tahun 1.800-an karena perang, dan kemudan dibangun kembali. Pemandangan di sekitar jembatan sangat indah. Di sana juga ada jembatan lain dan terowongan yang saling terhubung antara beberapa bukit. Ada pula sebuah lorong yang menjad terpanjang di dunia.

Konon Di Balik Berdirinya Jembatan Teufelsbrucke, Ada Campur Tangan Iblis | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better