KPK Belum Putuskan Kembalikan Kasus Budi Gunawan ke Polri

KPK Belum Putuskan Kembalikan Kasus Budi Gunawan ke Polri

WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN

Plt Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki saat jumpa pers usai pertemuan dengan Jaksa Agung HM Prasetyo, di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Senin (23/2/2015). Taufiequrachman Ruki bersama dua wakil ketua, Johan Budi SP serta Zulkarnain melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung untuk membahas penguatan KPK secara kelembagaan dan sinergitas lembaga penegak hukum. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

ber1ta.com, JAKARTA – Pelaksana tugas Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki menegaskan pihaknya belum memutuskan terkait pelimpahan kasus Komjen Polisi Budi Gunawan ke Polri.

“Saya kan belum memutuskan, kami belum memutuskan dikembalikan ke Polri, tapi kan anda yang mendahului. Kita kan belum berbicara ke situ,” ujar Ruki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Ruki mengatakan pihaknya akan membicarakan wacana pelimpahan kasus tersebut kepada pimpinan Kejaksaan Agung maupun pimpinan Polri.

“Saya akan bicarakan dengan Jaksa Agung dan Kapolri bagaimana yang benar menurut hukum. Walaupun penafsirannya pasti bermacam-macam, dihentikan oleh KPK pasti ada penafsiran, diserahkan ke kejagung pasti ada penafsiran. Jadi kami akan bicarakan secara teknis,” tutur Ruki.

Diberitakan sebelumnya, Pelaksana tugas Ketua KPK Taufiequrachman Ruki mengungkapkan ada kemungkinan kasus Budi Gunawan dilimpahkan ke Polri dan Kejaksaan Agung.

“(Bisa dilimpahkan) sepanjang itu masih dalam koridor hukum,” ujar Ruki, Sabtu kemarin.

Mengenai hal itu, Ruki mengatakan pihaknya akan mempelajari detail mengenai putusan yang dibicarakan Hakim Tunggal Sarpin Rizaldi yang tertera di dalam salinan putusan.

“Jika itu menyangkut subyek hukum yang mutlak, artinya KPK tidak punya wewenang SP3. Tapi kan ada mekanisme pelimpahan atau pengambilalihan,” ucap Ruki.

KPK Belum Putuskan Kembalikan Kasus Budi Gunawan ke Polri | Claudia | 4.5

Leave a Reply