Kubu Komjen BG: Kombes Victor BKO dari Lemdikpol, Resmi Penyidik

TRIBUNEWS.COM, JAKARTA – Kuasa Hukum Komjen Pol Budi Gunawan, Fredrich Yunadi mengatakan keikutsertaan Kombes Pol Victor E Simanjuntak dalam penangkapan Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto adalah resmi dan berdasarkan perintah Kapolri.

Fredrich mengakui Kombes Pol Victor Simanjuntak bertugas di Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol), namun diperbantukan (Bawah Kendali Operasi atau BKO) ke Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri.

“Jadi kalau di-BKO-kan, semua penyidik. Jadi mereka diperbantukan. Untuk kasus yang menangani kasus KPK itu dari semua unsur BKO ke Bareskrim karena kekurangan orang,” ujar Fredrich saat dihubungi, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Fredrich menilai Ombudsman Republik Indonesia tidak mengerti soal BKO sehingga merilis pernytaan ke publik kalau Kombes Victor Simanjuntak bukanlah penyidik Bareskrim dan namanya tidak ada di surat perintah penangkapan Bambang. Padahal, lanjut Fredrich, jika Kapolri sudah memberikan perintah, siapapun bisa.

“Ombudsman itu kan nggak ngerti BKO. Jadi Ombudsman keliru ini. Dia nggak ngerti prosedural atau SOP dari kepolisian,” kata dia.

Fredrich menambahkan, BKO tersebut tidak hanya dari Lemdikpol namun juga dari Propam, Intelijen,Sabhara, dan Brimob. “Jadi mereka itu resmi sebagai penyidik,” tukas Fredrich.

Sebelumnya, proses penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif, Bambang Widjojanto oleh Badan Reserse dan Kriminal dianggap telah menyalahi aturan.

Kubu Komjen BG: Kombes Victor BKO dari Lemdikpol, Resmi Penyidik | Claudia | 4.5

Leave a Reply