Kumpulan Mesin Waktu yang Menghiasi Film Sains Fiksi

Membaca judulnya udah ketahuan ini rangkuman beberapa mesin waktu yang ada dari berbagai film sains fiksi. Kebanyakan memang film-film bertemakan mesin waktu menjadi asik untuk ditonton dan juga cukup banyak dinikmati. Jalan cerita yang menarik dan penuh dengan imajinasi menjadi daya tarik tersendiri. Ditunjang dengan sebuah alat yang menjadi inti dari alur ceritanya menjadikan beberapa alat/mesin waktu ini ikon atau item penting.

Selama ini kita mendambakan terciptanya mesin waktu. Ane yakin kebanyakan dari kita akan menyebutkan menginginkan mesin waktu milik Doraemon. Dengan interface sederhana dan gak ribet kita bisa menjelajah waktu dari jaman purba hingga menembus masa depan.

Oke langsung aja ini rangkuman mesin waktu yang ane himpun dari beberapa film.

Mesin Waktu

The Time Machine:

Ini salah satu film favorit ane gan. Mesin waktu ini dibuat oleh Alexander Hartdegen pada tahun 1899 di kota New York. Ia membuat mesin waktu itu untuk karena Emma sang kekasih tewas ditembak oleh penjahat ketika Alexander memberikan cincin kepada Emma. Intinya si Alex ini pengen kembali ke masa sebelum Emma meninggal dan menyelamatkanya. Namun ternyata usahanya sia-sia. Justru ia melihat Emma harus meninggal dengan cara yang berbeda-beda. Dalam keputusasaan Alex mengembangkan mesin waktunya. Kali ini ia tidak kembali mencoba menyelamatkan Emma namun menuju masa depan melintasi waktu hingga ke masa dimana Bulan kemudian hancur, bertemu dengan manusia “primitif” yang selamat dari dampak dari kehancuran bumi, hingga ke masa dimana bumi tak lagi dikuasai “manusia”. Ada manusia yang berevoluasi menyerupa moster atau sebangsa alien.

Ada quote yang ane demen banget nih gan. “We all have our time machines, don’t we.
Those that take us back are memories… And those that carry us forward, are dreams” – Uber-Morlock. Kalo diartikan kurang lebih “Kita semua memiliki mesin waktu kita sendiri, ya kan. Yang membawa kita kebelakang adalah Kenangan… dan yang membawa kita kedepan, adalah Impian”

Predestination:

Ini film yang baru-baru ini ane tonton. Ceritanya keren banget gan. Liat aja sendiri dijamin gak bakalan nyesel. Mungkin dari segi penggambaran masa depan yang “canggih” tak terlalu ditonjolkan, namun ceritanya yang rumit menjadi kekuatan dari film ini. Mesin waktu ini berbentuk seperti tempat biola. Cara menggunakanya cukup sederhana dan cukup sering digunakan sepanjang film.

Project Almanac:

Film ini masih fresh juga. Ceritanya gak kalah seru dengan film yang lain. Mesin waktunya sendiri adalah sebuah karya yang masih berupa rancangan dari Ayah si tokoh utama. Singkat cerita ada 5 remaja yang mencoba membuat rancangan tersebut menjadi mesin waktu yang utuh. Ceritanya lebih banyak kembali kemasa lalu yang intinya ingin memperbaiki masa lalu mereka yang tidak menyenangkan dan lama kelamaan mereka memanfaatkan untuk kesenangan. Tanpa disadari ada efek dibalik apa yang mereka lakukan. Mesin waktunya sendiri awalnya masih berantakan namun akhirnya dibuat cukup kecil dan bisa dibawa kemana-mana dalam tas. Mein waktu ini awalnya hanya mampu kembali dalam hitungan hari saja namun mengalami pengembangan hingga mampu kembali dalam hitungan tahun.

Hot Tub Time Machine:

nah, kalo ini konsepnya agak beda dengan film lainya. Mesin waktunya nyeleneh. Entah siapa yang membuatnya namun ketika digunakan untuk berendam seketika dan tanpa disengaja (akibat minuman yang tumpah dan sedikit bantuan tupai, kalo gak salah inget ya ) 4 orang dewasa kembali ke masa remaja mereka. Kalo gak salah mesin waktu ini cuma dipakai 2 kali ketika untuk kembali ke masa lalu dan kembali kemasa depan doang

Looper:

di film looper ini mesin waktunya sering dipakai namun gak terlalu “diperlihatkan” seperti mesin waktu lainya ( seingat ane ya gan ). Fungsinya sih buat ngirim “korban” dari masa depan untuk dibunuh dimasa lalu karena dimasa depan pembunuhan tidak diperbolehkan. untuk menutupi jejaknya akhirnya korban dikirim ke masa lalu untuk dieksekusi.

Click:

Kalo gak salah ini menceritakan Michael Newman dengan segala kerumitan dalam pekerjaan yang berimbas pada pernikahanya. Mesin waktunya berupa remote TV yang tak sengaja ia dapatkan disebuah toko karena remot TVnya rusak. Kehidupanya jadi berubah dengan bantuan remot ajaib itu. Ia dengan mudah mengendalikan waktu. Kalo bisa ane punya satu gan

Time Lapse:

Sedikit berbeda dengan mesin waktu lainya, mesin waktu ini berupa kamera. Tidak bisa membawa orang kembali ke masa lalu maupun ke masa depan. Namun kamera ini dapat menggambarkan keadaan keesokan harinya. Setiap pukul 8 pagi dan 8 malam kamera tersebut akan mengambil foto. Mending liat sendiri filmnya gan.

Parallels:

Gak ada salahnya masukin ini ke list. Entah ini bisa dibilang mesin waktu atau bukan agan bisa lihat filmnya sendiri. Mesin waktunya berupa sebuah gedung tinggi sederhana bercat putih. ketika masuk gedungnya biasa aja sih. Yang menjadi keunikanya adalah ketika 4 tokoh dalam film itu keluar dari gedung keadaan diluar sudah sangat jauh berbeda. Dikatakan dalam filmnya jika gedung itu berpindah setiap 36 jam. Diawal-awal cerita, digambarkan dalam coretan dalam gedung ditulis oleh orang yang pernah kedalam gedung itu sebelum mereka. Misalnya ada yang menggambarkan Bumi 450 hancur, Bumi 325 sedang kritis atau saat 4 tokohnya sampai ke masa depan dimana semua serba canggih. Ane berkesimpulan kalo gedung itu memang melintasi waktu. Masalahnya adalah ending film ini masih nggantung gan. Kemungkinan besar masih ada sekuelnya yang entah kapan akan rilis.

Back To The Future:

Mungkin ini salah satu dari Mbahnya mesin waktu. Mesin waktu berupa mobil ini begitu keren untuk film dijamanya. Kalo gak salah namanya DeLorean. Belum pernah liat semua triloginya sih

Satu lagi tak ketinggalan ialah,.

DORAEMON:

Jangan lupa yang ini gan

(sumber)

Kumpulan Mesin Waktu yang Menghiasi Film Sains Fiksi | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better