Marcelo Lippi: Dominasi Juventus di Italia Adalah Hal Memalukan!

Lippi

Eks pelatih Timnas Italia, Marcelo Lippi, menyanjung dominasi Juventus di sepakbola Italia atau tepatnya di Liga Italia Serie A. Namun hal itu juga dianggap Lippi sebagai sesuatu yang memalukan karena membuktikan buruknya sisi persaingan di Serie A.

Juve baru saja merengkuh scudetto keempatnya dalam empat musim terakhir ini dengan unggul 17 angka dari AS Roma di peringkat kedua. Menurut Lippi, kesenjangan yang besar itu adalah hal yang memalukan bagi persepakbolaan Italia.

“Di Italia, dominasi Juventus adalah hal yang memalukan,” jelas Lippi.

Namun pria yang kini berusia 67 tahun itu merasa bahwa apa yang terjadi Juve di era Massimiliano Allegri saat ini akan mirip dengan Juve yang pernah ditangani Lippi. Dominasi di Italia bisa dilanjutkan dengan keberhasilan di tingkat Eropa dan bahkan dunia.

“Kalian bisa katakan bahwa Juve saat ini mengikuti jejak Juve asuhan saya dulu. Pertama-tama meraih sukses di Italia dan dilanjutkan di Eropa. Berikutnya bisa saja mereka juga sukses di level interkontinental.”

Lippi merupakan salah satu pelatih tersukses dalam sejarah Juve. Ia pernah lima kali membawa Si Nyonya Tua menjadi juara Liga Italia yakni pada 1995, 1997, 1998, 2002, dan 2003. Dalam masa kepemimpinannya Juve juga sempat menjadi juara Liga Champions tahun 1996 serta juara Piala Dunia Antar Klub pada tahun tersebut yang mana pada saat itu masih bernama Intercontinental Cup.

Di level timnas, Lippi juga meraih kesuksesan besar bersama Timnas Italia. Ia merupakan pelatih yang membawa Italia juara Piala Dunia 2006 yang digelar di Jerman.

Marcelo Lippi: Dominasi Juventus di Italia Adalah Hal Memalukan! | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better