Meksiko Punya Roti Kematian untuk Rayakan Hari Kematian

dia-muertos-mexico-calaveras-azucar

Penduduk Meksiko memiliki tradisi untuk membuat roti kematian atau kue kematian guna memperingati sebuah hari yang jatuh di tanggal 30 Oktober. Mirip dengan Halloween di Amerika, bedanya Hari Kematian di Meksiko diperingati dengan membuat sebuah roti yang bertulis nama keluarga yang sudah wafat. Mereka juga akan mengunjungi makam keluarga tersebut untuk ziarah.

Malamnya, anak-anak Meksiko berkeliling di rumah tetangga meminta kue dan permen sambil berkata ‘Dulce o travesura’, mirip dengan trick or treat di tradisi Amerika.

Cerita tradisi tersebut diungkap oleh chef asal Meksiko, Julio Ortega yang sedang mengadakan acara kuliner khas Meksiko di Hotel Gran Melia, Jakarta Senin (1/6).

Hari Kematian atau hari berkabung itu pun usai di awal bulan November, dilanjutkan dengan pesta.

Pan de muerto atau kue kematian baru disajikan pada 1 sampai 2 November. Kue ini tidak dapat disajikan di hari lain. Khusus untuk Dia de Muertos atau Hari Kematian,” Jelas Ortega dilansir oleh laman CNN.

Kue kematian berbentuk bulatan kecil-kecil yang disusun menyerupai tubuh manusia. Biasanya beraroma jeruk, dan lembut sekali adonannya. Walau namanya kue kematian, namun rasanya lezat dan boleh dimakan oleh siapapun.

Kue itu akan diberi taburan gula di atasnya, untuk membuatnya manis dan renyah. Di tambah dengan sedikit resep rahasia, kue kematian menjadi hal yang dinanti-nanti usai perayaan hari berkabung ala Meksiko. Mungkin jika di Indonesia dikenal dengan apem.

Meksiko Punya Roti Kematian untuk Rayakan Hari Kematian | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better