Operasi Penyelamatan Bung Karno Oleh Korps Intai Para Amfibi (kipam) Dari Wisma Yaso

 
5141274_201303111000505141274_20130311100050

 
 Ketika itu, Soekarno bisa dikatakan berstatus tahanan rumah yang ditempatkan di Wisma Yaso
Semua orang tahu, Soekarno ditahan, tetapi tidak banyak yang tahu nyawa proklamator tersebut diujung tanduk. Siapa lagi loyalis militer Bung karno kalau bukan KKO ALRI yang hendak menculik & menyelamatkan proklamator tersebut dari rumah tahanan wisma yaso
Dikisahkan Suatu malam, satu tim Korps Intai Para Amfibi (Kipam) ALRI berhasil menyusup ke dalam Wisma Yaso. Mereka bisa melewati penjagaan ketat oleh Kostrad dan RPKAD, hingga masuk ke ruang di mana Soekarno terbaring tidak berdaya.
Seorang perwira pertama Kipam membangunkan, kemudian mengajak bercakap sejenak sambil mengutarakan rencana mereka untuk membawa Soekarno keluar dari Wisma Yaso.
Tetapi rencana tidak berjalan mulus, Soekarno menolak untuk diselamatkan. Soekarno malah memerintahkan si perwira pertama untuk membawa timnya keluar dari Wisma Yaso. Tidak banyak kata yang terucap, Soekarno tidak mau lagi diajak berbicara. Alhasil, Kipam pulang dengan tangan hampa.
Operasi penyelamatan tersebut tidak banyak diketahui, kecuali hanya kalangan tertentu di ALRI dan KKO.
Padahal, jika saja mau, ALRI bisa jadi yang paling terdepan bersama Soekarno. Belum lagi ditambahkan dengan elemen-elemen nasional lainnya yang masih loyal dengan bung karno
Sekalipun demikian, situasinya saat itu mungkin sulit dipahami, Soekarno lebih memilih bangsanya aman dan tenang. Mungkin bisa dikutip dari nasehat Soekarno kepada anaknya:
“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekali pun, ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng, hanyalah kekuasaan rakyat dan di atas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
Para pemimpin di masa sekarang hendaknya mau bercermin dan mengambil keteladanan seorang Soekarno. Sikap seperti Soekarno bisa jadi cermin dari sikap para orangtua di masa lalu.

NB= Kipam Sekarang Dikenal Dengan Nama Taifib ( Intai Amfibi)

(sumber)

Operasi Penyelamatan Bung Karno Oleh Korps Intai Para Amfibi (kipam) Dari Wisma Yaso | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better