PD 2022 digeser, tak ada kompensasi bagi klub Eropa

Sekretaris jenderal organisasi sepak bola dunia FIFA, Jerome Valcke, memastikan tidak akan ada kompensasi bagi klub-klub Eropa terkait pemindahan jadwal Piala Dunia 2022 di Qatar.

Putaran final Piala Dunia 2022 tersebut hampir dapat dipastikan digeser ke November-Desember, setelah satuan tugas FIFA resmi mengeluarkan rekomendasi ini dengan pertimbangan mustahil menggelar Piala Dunia pada pertengahan tahun karena suhu udara di Qatar terlalu panas.

“Tidak akan ada kompensasi. (Mereka) punya waktu tujuh tahun untuk mengatur ulang (jadwal kompetisi domestik),” kata Valcke dalam keterangan pers di Doha, Qatar, hari Rabu (25/02).

“Kami sudah ada kesepakatan dengan klub-klub sepak bola,” kata Valcke.

Asosiasi sepak bola Eropa -yang antara lain mewakili klub-klub besar dari Inggris, Jerman, dan Prancis- memprotes rekomendasi satgas FIFA karena pemindahan jadwal Piala Dunia ke November-Desember akan mengganggu kompetisi domestik.

Pengurus asosiasi mengatakan mereka akan meminta ganti rugi jika Piala Dunia digelar pada akhir tahun.

Biasanya putaran final diselenggarakan pada Juni-Juli ketika belahan Bumi utara mengalami musim panas, namun pada bulan-bulan ini suhu udara di Qatar bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celsius, yang dianggap akan membahayakan kesehatan para pemain.

PD 2022 digeser, tak ada kompensasi bagi klub Eropa | Claudia | 4.5

Leave a Reply