Penyakit Tuberkulosis Tidak Menular Lewat Gelas, Piring atau Handuk

ber1ta.com, JAKARTA – Hingga kini masih ada pandangan yang kurang tepat mengenai penyakit Tuberkulosis (TB). Masyarakat berpandangan TB tidak berbeda dengan flek. Penyebutan ini sebenarnya kurang tepat.

“TB adalah suatu penyakit infeksi menular, disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis,” kata Direktur Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa, Yahmin Setiawan, Kamis (19/3/2015).

Masih ada anggapan yang keliru, bahwa penyakit ini bisa menular saat kita menggunakan seperti gelas, piring, dan handuk penderita.

“Sumber penularan TB prosesnya begitu cepat. Penularan TB bisa melalui dahak penderita yang mengandung kuman saat bersin, batuk, atau berbicara. Tidak melalui media lain seperti gelas, piring, dan handuk,” ujarnya.

Data statistik menunjukkan kaum perempuan dan anak-anak paling banyak terserang penyakit ini, dikarenakan mereka lebih rentan terhadap infeksi TB.

Penyakit TB dapat dicegah dan diobati, tergantung kepada perilaku penderitanya. Dengan melakukan hidup bersih dan sehat, seseorang dapat mencegah penyakit, termasuk TB.

Gejala umum TB pada orang dewasa adalah batuk yang berkepanjangan dan berdahak selama 2 hingga 3 minggu lebih.

Penyakit Tuberkulosis Tidak Menular Lewat Gelas, Piring atau Handuk | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better