Perhatikan Bahan-bahannya Sebelum Memilih Pembasmi Jerawat

ber1ta.com – Saat ini hadir beragam produk perawtaan kulit untuk membasmi jerawat. Karena jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dikeluhkan oleh para wanita, maka produk-produk tersebut laris di pasaran. Namun, ada baiknya Anda memperhatikan bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam produk penghilang jerawat tersebut.

“Jerawat dapat membuat frustrasi dan sulit ditangani. Sehingga, penting untuk selalu mengetahui produk yang digunakan dan bagaimana menggunakannya untuk memperoleh kulit yang segar, berseri, dan sehat,” tutur dermatolog Dr Jill Waibel MD.

Nah, berikut adalah uraian bahan-bahan yang penting untuk membasmi jerawat yang selama ini mengganggu penampilan Anda. Apa sajakah?

Pertama, retinoid. Retinol, retin-A, dan retinoid adalah bahan penting bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat. Sebab, bahan ini secara aktif membersihkan kulit, mengurangi peradangan, dan mencegah kembali timbulnya jerawat. Dr Waibel menyarankan Anda untuk menggunakan produk yang mengandung retinoid pada malam hari untuk hasil terbaik.

“Retinoid membantu menormalkan sel-sel kulit, mengurangi produksi minyak, dan membantu menghilangkan noda hitam penyebab jerawat,” ungkap Rachel Nazarian MD, dermatolog dari Schweiger Dermatology Group, Amerika Serikat.

Bahan kedua adalah benzoil peroksida dosis rendah. Nazarian menjelaskan bahan ini membantu membunuh bakteri pada kulit yang berkaitan dengan pembentukan jerawat. Meskipun demikian, pastikan Anda mengecek dosisnya sebelum membeli produk yang mengandung benzoil peroksida.

“Kebanyakan produk perawatan untuk kulit berjerawat terlalu kuat untuk kulit orang dewasa yang kering dan sensitif. Pastikan Anda memilih produk yang mengandung tidak lebih dari tiga persen kadar benzoil peroksida,” ujar Andy Bosselman, pendiri Arithmetic, sebuah produk perawatan kulit berjerawat.

Bahan ketiga adalah tea tree oil. Bosselman menjelaskan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tea tree oil hampir sama efektifnya dengan benzoil peroksida dalam membersihkan kulit. “Tea tree oil membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk bekerja, namun ini tidak masalah dan tidak mengganggu proses pembersihan kulit,” jelas Bosselman.

Kini, Anda jadi lebih tahu memilih produk penghilang jerawat yang baik seperti apa.

Perhatikan Bahan-bahannya Sebelum Memilih Pembasmi Jerawat | Claudia | 4.5

Leave a Reply