Relawan Desak Jokowi Evaluasi Menteri

ber1ta.com, JAKARTA – Ketua Umum Jokowi Mania Nusantara (Joman), Imanuel Ebenezer mengatakan, program Nawacita merupakan agenda prioritas dari pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Menurutnya, program Nawacita itu belum banyak dijalankan oleh para menteri Kabinet Kerja.

“Sayangnya hingga saat ini para menteri Jokowi masih sibuk berpolitik, tidak mengikuti langkah Jokowi dalam bekerja. Mereka masih berpikir gaya lama dimana pejabat selalu dilayani rakyat,” kata Imanuel dalam diskusi bertema Mengawal Nawacita: Evaluasi Kabinet Kerja Jokowi’ di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Imanuel menuturkan, program Nawacita merupakan jalan perubahan menuju Indonesia yang yang lebih baik. Yakni Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri di dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Imanuel menuturkan, banyak para menteri Jokowi yang tidak mampu mengikuti ritme kerja orang nomor satu di Indonesia tersebut. Menurtunya, para menteri Jokowi pun masih ada yang menganggap bahwa pemerintahan saat ini bisa ‘ditipu’ seperti pemerintah yang lalu.

“Kerja menteri ini tidak ketemu dengan kerja yang diinginkan oleh Jokowi. Mereka (menteri) lupa track record Jokowi dari Solo hingga mimpin DKI, mentalnya kerja,” tuturnya.

Masih kata Imanuel, ada berbagai kegiatan Menteri yang tersorot oleh media dalam 100 hari bekerja. Seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang langsung kerja dengan menenggelamkan kapal, Menteri Hanif yang heboh akibat aksi lompat pagar.

Menurutnya, ada juga Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdjiatno yang mendapat sorotan karena pernyataan kontroversinya yakni ‘rakyat nggak jelas’ yang dialamatkan kepada para pendukung KPK. Lalu ada menteri juga ESDM Sudirman Said yang mengizinkan kembali PT Freeport mengirimkan konsentrat ke luar negeri.

“Sikap para menteri itu banyak menuai kritik pedas dari masyarakat. Untuk itu, kami menilai perlu kiranya Presiden Jokowi untuk mengevaluasi para menterinya yang sudah tidak sejalan lagi dengan prinsip dari Nawacita,” ujarnya.

Lebih jauh Imanuel mengatakan, presiden Jokowi harus melakukan evaluasi terhadap para menterinya guna terwujudnya Nawacita. “Kami tegaskan, jika tidak ada evaluasi menteri maka Nawacita hanya akan menjadi mimpi bangsa,” katanya.

Relawan Desak Jokowi Evaluasi Menteri | Claudia | 4.5

Leave a Reply