Syarat Energi Alternatif Harus Besih dan Murah

ber1ta.com,JAKARTA-Pengembangan industri di Indonesia terus dipacu demi meningkatkan kesejahteraan dan penguatan daya saing produk nasional. Untuk itu, proses produksi industri membutuhkan pasokan energi yang dapat diandalkan.

Guna pemenuhan kebutuhan tersebut, pemerintah terus memacu produksi energi dari sumber yang lebih beragam selain dari minyak bumi dan batu bara yang harganya fluktuatif.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla saat menjadi pembicara kunci pada seminar “Indonesia & Energi Terbarukan” di Jakarta, Selasa (14/4/2015). “Energi diperlukan untuk menggerakkan industri, dibutuhkan untuk mengolah bahan baku sehingga menghasilkan nilai tambah,” kata Wapres.

Pengembangan diversifikasi energi, tambahnya, mesti memenuhi tiga syarat yaitu bersih, murah dan mudah tersedia. Dia juga yakin, penyediaan energi alternatif dapat terwujud karena manusia makin menyadari kesesuaian dengan lingkungan hidup merupakan bagian dari pemenuhan kesejahteraan manusia.

“Saya yakin ini bisa dilakukan asalkan kita punya ketegasan pada implementasi,” kata Wapres Jusuf Kalla.

Sayangnya, sejauh ini penyediaan energi alternatif seperti tenaga matahari dan angin masih terbentur biaya produksi yang tinggi.Untuk itu diperlukan pengembangan penghasil energi lainnya seperti thorium seperti yang diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin pada kesempatan yang sama.

“Kita bisa gunakan pembangkit listrik tenaga thorium, keunggulannya bahan baku mudah dan melimpah di Bangka Belitung, serta jauh lebih murah,” ujar Menperin.

Syarat Energi Alternatif Harus Besih dan Murah | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better