Wabah MERS Sedang Melanda Korea, Ratusan Orang Dikarantina

MERS di Korea

Penyakit MERS atau middle east respiratory syndrome diidentikkan sebagai penyakit yang muncul dan mewabah di wilayah Timur Tengah. Namun beberapa hari belakangan ini, Korea sedang direpotkan oleh wabah yang menyerang negeri ginseng tersebut.

Tercatat sebanyak 700 orang dikarantina agar tidak melakukan penyebaran virus MERS, dan 18 orang positif terinfeksi dalam 10 hari belakangan. Bahkan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye pun ikut memberi tanggapan perihal kondisi tak biasa yang dialami oleh negaranya.

“Kita harus mencari penyebab tingginya penularan (MERS), yang tak seperti terjadi di negara lain,” katanya pada Senin, 1 Juni 2015.

Kasus pertama yang dialami oleh seorang kakek 68 tahun positif terinfeksi MERS, usai melakukan perjalanan dari Bahrain. Dengan cepat virus pun menyebar ke beberapa pasien di rumah sakit tempat dirinya diopname.

Pengunjung rumah sakit pun ada yang terinfeksi MERS akibat cepatnya penyebaran. Dugaan pun muncul bahwa virus akan bermutasi di lingkungan barunya. Ada juga yang menyebut bahwa faktor genetis bisa memicu penyebaran virus lebih mudah. Misalnya menular ke keluarga dekat.

Associated Press memberitakan jumlah pasti dari pasien dan pegawai rumah sakit, juga keluarga dan mereka yang berhubungan dengan rumah sakit adanya sebanyak 682 orang masuk dalam isolasi.

Bahkan pemerintah Korea Selatan hendak memberlakukan larangan kunjungan ke negara yang diduga jadi lokasi virus yang mewabah.

MERS dideteksi tahun 2012 di sejumlah negara Timteng seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yordania. Lalu perlahan menyebar dan disebut oleh WHO telah terjadi 1.154 kasus di berbagai negara.

Ratusan meninggal akibat penyakit pernapasan ini, dan kini seluruh negara didorong untuk meminimalisasi kasus penularannya.

Wabah MERS Sedang Melanda Korea, Ratusan Orang Dikarantina | Claudia | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better